Pidato tentang Demokrasi di Linkungan Sekolah

08:08


Assalamu’alaikum wr.wb...
Selamat pagi Bapak Ibu guru dan teman-teman sekalian. Pada kesempatan kali ini saya hendak menyampaikan pidato mengenai demokrasi di lingkungan sekolah.

Apa Itu Demokrasi ?



Apakah demokrasi hanyalah semata-mata kebebasan berbicara seperti layaknya yang diperoleh Prita ? Atau apakah demokrasi itu adalah pemilihan umum dimana banyak orang di Aceh harus memilih dibawah tekanan dari luar diri mereka ? Atau apakah demokrasi itu adalah kebebasan mahasiswa untuk mengutarakan pendapat mereka di jalan-jalan, walaupun dalam proses itu membuat kerusuhan umum ?

Kita, rakyat Indonesia, selalu membanggakan posisi kita sebagai negara demokrasi. Dan memang benar, negara kita adalah negara demokrasi, akan tetapi kita sebagai siswa salah mengartikan sebuah demokrasi, karena demokrasi itu tentunya kebebasan untuk berpendapat namun ada batas-batas aturan dalam kebebasan berpendapat tersebut

Pertama, untuk individual, seperti saya dan anda. Demokrasi itu adalah kebebasan kita untuk ikut turut serta dalam pembuatan keputusan umum. Kebanyakan dari kita nanti, melaksanakan hak kita ini dengan turut serta dalam pilkada maupun pemilu atau tepatnya pemilihan ketua IPM, dan memilih pemimpin yang mewakili kita dalam pembuatan keputusan ini. Apakah demokrasi ini baik ? Meskipun benar bahwasanya sekarang setiap orang memiliki hak untuk memilih, apakah kita sudah memilih wakil yang mengaspirasi suara kita ? Atau apakah sistem demokrasi ini telah melumpuhkan dirinya sendiri ?

Kita perlu menyadari akan pemanfaatan demokrasi dimana kita menjadi posisi penting untuk berpendapat di dalam lingkungan sekolah maupun masyarakat umum.

Sekian pidato dari saya semoga bermanfaat bagi kita semua

Wassalammualaikaum Warakhmatullah Hiwabarakatuh


0 comments